Jumat, 19 Maret 2010

Arti Stroke

DEFINISI STROKE


Apa itu strok?


Stroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih.


Arti stroke bisa juga dikatakan sebagai serangan stroke yang terjadi karena terhambatnya pasokan darah ke otak yang disebabkan bekuan darah (aterosklerosis) atau karena pecahnya pembuluh darah di otak yang mengakibakan terhentinya kiriman oksigen dan nutrisi bagi jaringan sel-sel saraf otak.


Untuk memahami definisi stroke maka pahami fungsi dan tugas otak। Jika otak tidak menerima aliran darah yang memadai maka sel-sel akan mati dan menyebabkan kerusakan otak permanen sehingga fungsi otak terganggu yang mengakibatkan terjadinya kelumpuhan, gangguan bicara, gangguan gerak, sakit kepala dan lain-lain.


Gejala-gejala ringan penyakit stroke dapat dikenali seperti seringnya kesemutan ringan tanpa sebab, sakit kepala atau vertigo ringan dan lain-lain. Bagi mereka yang pernah mengalami serangan stroke lalu dikemudian hari terkena serangan stroke yang kedua, maka serangan stroke ulangan ini lebih berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar