Sabtu, 20 Maret 2010

Bahaya Stroke

STROKE PENYAKIT BERBAHAYA


Stroke merupakan penyakit tidak menular penyebab kematian menduduki peringkat atas di wilayah perkotaan menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007. Sekitar 28,5% penderita stroke meninggal dunia. Selebihnya lumpuh sebagian atau bahkan lumpuh total. Sisanya 15% dapat sembuh total.


Menurut data WHO, stroke merupakan salah satu dari tiga besar penyebab kematian di dunia diantara penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan jantung. Richard Lee, M. D. Ahli bedah dan Direktur Center for Atrial Fibrillation di Northwest School of Medicine, Chicago, mengatakan bahwa setiap tahun stroke membunuh lebih dari 160.000 penduduk Amerika. Sebanyak 75% pasien stroke di Amerika menderita kelumpuhan dan mengakibatkan kehilangan pekerjaannya.


Di Eropa ditemukan kasus stroke sekitar 650.000 kasus tiap tahunnya. Di Inggris stroke menduduki peringkat ke-3 sebagai pembunuh setelah penyakit jantung dan kanker.


Penyebab utama stroke diantaranya yaitu karena karena pola makan yang buruk. Sebelum kena serangan stroke, pasien stroke terbiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang menimbulkan aterosklerosis, yaitu menyempitnya pembuluh arteri disebabkan lemak yang menempel pada dinding arteri. Para ahli menganggap bahwa aterosklerosis merupakan penyebab utama stroke pada umumnya. Dijaman sekarang, pengobatan dan pencegahan stroke sudah semakin maju walaupun masih tetap mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar