Kamis, 18 Maret 2010

PENYAKIT STROKE

PENYAKIT STROKE


Berdasarkan data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, penyakit stroke merupakan penyebab utama kematian di daerah perkotaan. Penyakit stroke harus diwaspai karena dapat berakhir dengan kematian dan sekali kena stroke maka sulit disembuhkan. Penyembuhannya bisa bertahun-tahun dan tidak bisa pulih 100% juga memakan biaya yang tidak sedikit.


Gejala penyakit stroke paling mudah diketahui yaitu tiba-tiba sulit menggerakkan mulut dan sulit berbicara, tiba-tiba lumpuh sebelah serta mendadak pikun dan cadel.


Penderita stroke sulit melakukan aktifitas sehari-hari. Mereka sangat bergantung pada orang lain seperti aktifitas makan, berjalan, mandi, berpakaian, duduk, bangun tidur, mandi dan lain-lain. Wajar bila penderita penyakit stroke selalu meropotkan anggota keluarga dan menjadi cobaan yang berat baik bagi si penderita maupun anggota keluarga yang merawatnya.


Penyakit stroke dapat diatasi dengan banyak metode penyembuhan, mulai dari penyembuhan metode barat menggunakan obat-obatan kimiawi hingga tradisional yang menggunakan obat-obatan herbal dan dengan metode yang kadang sulit diterima akal sehat seperti direbus, disetrum, menggunakan tenaga dalam, pijat/totok, dan lain-lain.


Masalah lainnya yang membuat pusing bagi mereka yang kurang mampu yaitu masalah biaya. Perawatan penyakit stroke memakan biaya tinggi mulai dari obat-obatan hingga terapi. Karena itu sebaiknya kita harus mengenal gejala dan penyebab penyakit stroke dan mencari informasi bagaimana pencegahannya seperti dengan melakukan pola hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar